biodata taaruf

Mawaddah Indonesia: Mengisi Biodata Taaruf

by December 8, 2017
Guide 2   2K views 0
Mengisi Biodata Taaruf : Artikel ini 100% affiliate-free!

Biodata Taaruf: Dengan keberadan website mawaddahindonesia.com ikhwati fillah dapat memanfaatkan layanan Ta’aruf Online di dalamnya. Artinya dengan Ta’aruf Online saudara dapat memperbesar peluang keberhasilan dalam proses pencarian calon teman hidup sesuai kriteria yang dikehendaki yang ini merupakan bagian dari hikmah kemutakhiran teknologi.

Lima Langkah Utama

Guna memperoleh calon teman hidup sesuai dengan kriteria yang saudara dambakan, maka kali ini saudara perlu sungguh-sungguh, teliti dan bersabar. Sebab dalam layanan website Mawaddah Indonesia saudara dihadapkan dengan 5 (lima) langkah utama yakni:

Empat tahap tersebut, semuanya dilakukan secara online, artinya saudara perlu memastikan telah terhubung dengan jaringan internet yang stabil.

Ini merupakan Langkah ke-3 (ke-tiga) dari 5 (lima) artikel berantai.

Pada bagian ini saudara akan dipandu (guide) dalam Mengisi Biodata Taaruf dalam akun mawaddahindonesia.com.

Langkah 3: Mengisi Biodata Taaruf

Untuk mendapatkan hasil yang baik, saudara dapat membaca lebih lanjut mengenai kaidah dalam menyusun biodata taaruf yang baik. Apabila sudah yakin, mengisi biodata taaruf dalam akun mawaddahindonesia.com dapat dilakukan dengan Login dengan menggunakan Email dan Password yang sudah dibuat pada kesempatan sebelumnya.

Setelah halaman My Dashboard tampil di layar monitor, klik tombol Data Pribadi yang terdapat dalam Side Bar Menu (Menu Sisi Kiri).Side Bar Menu: Data Pribadi

Kemudian Drop Down Items akan tampil sebagaimana nampak pada gambar di atas. Terdapat 11 (sebelas) poin, mulai dari Upload Foto, Profil, Gambaran Fisik, dan seterusnya hingga Keluarga.

1. Upload Foto

Mulailah melengkapi biodata taaruf saudara dengan mengupload foto. Klik Drop files here to upload, kemudian pilih foto yang hendak dijadikan Foto Profil. Apabila foto sudah berahsil dipilih, maka notifikasi akan muncul bertuliskan,

Foto Sudah Dipilih Foto akan diseleksi, Refresh Halaman! jika tidak muncul berarti Gagal.

Saudara dapat mengupload beberapa foto dengan cara yang serupa, foto utama akan tampil sebagai Foto Profil sementara foto yang dapat diakses/ dilihat oleh pasangan taaruf saudara apabila Request Taaruf sudah diterima.

Perlu diperhatikan bahwa maksimal resolusi foto yang diupload adalah 1900 * 1900 pixel, apabila melebihi spesifikasi yang ditentukan kemungkinan proses upload foto saudara akan gagal, hal ini ditandai dengan munculnya notifikasi yang bertuliskan,

Upload Gagal Mohon cek gambar yg anda upload format jpg/png/jpeg besar file maksimal 1000kb.

Apabila saudara sudah merasa cukup dengan foto-foto yang diupload, pastikan bahwa saudara telah menekan tombol set sebagai PP yang tampil dibagian bawah setiap foto yang ada dalam galeri.

Foto ini, PP/ Profile Picture, beserta foto lainnya hanya dapat dilihat oleh pasangan taaruf yang telah menerima Request Taaruf. Apabila belum menerima Request Taaruf maka yang tampil hanyalah ID Member (angka, bukan nama) dan keterangan singkat Profil saudara.

2. Profil

Informasi yang tampil dalam bagian Profil adalah data yang saudara tulis dalam Langkah 1: Registrasi (pendaftaran), saudara dapat melewati langkah ini apabila tidak ada perubahan data. Silahkan diperiksa kembali data yang tampil untuk menghindari kesalahan yang mungkin terjadi selama proses pengisian biodata sebelumnya.

Apabila ada perubahan data, klik tombol Simpan Data yang terdapat pada bagian akhir form isian.

3. Gambaran Fisik (Gambaran Fisik Saya)

Dalam form Gambaran Fisik terdapat 11 (sebelas) isian yang harus saudara lengkapi, yakni:

  • Bentuk Fisik;
  • Warna Kulit;
  • Tipe Rambut;
  • Warna Rambut;
  • Warna Mata;
  • Cacat Fisik;
  • Tinggi Badan;
  • Berat Badan;
  • Olahraga Digemari; dapat diisi lebih dari satu dengan pemisah tanda (,) koma) dan dapat ditulis Hobi Lainnya apabila saudara memiliki kegemaran selain olahraga.
  • Riwayat Penyakit;
  • Ciri Khas/ Tanda Lahir.

Periksa kembali kolom isian di atas sebelum melangkah ke tahap selanjutnya. Kemudian klik tombol Simpan Data.

Apabila data telah berhasil disimpan maka akan tampil notifikasi yang bertuliskan,

Data Berhasil Di buat.

4. Pendidikan (Riwayat Pendidikan Saya)

form riwayat pendidikan saya

Untuk melengkapi form Pendidikan, klik tombol Add Riwayat Pendidikan, beberapa saat kemudian akan tampil jendela pop-up berjudul Insert Riwayat Pendidikan. Tulis riwayat pendidikan saudara berupa Jenjang Pendidikan (SMA, S1, S2 dan seterusnya) serta Tahun Masuk dan Tahun Lulus.

Klik tombol Simpan, apabila data berhasil disimpan maka akan muncul notifikasi bertuliskan,

Insert Success.

Klik tombol Close untuk melengkapi atau menambah capaian akademis yang lain dengan cara yang serupa. Apabila didapati kesalahan dalam penulisan data, saudara dapat menekan tombol Edit yang terdapat dalam tabel Riwayat Pendidikan Saya.

5. Gambaran Diri (Gambaran Tentang Pribadi Saya)

Dalam form Gambaran Diri, terdapat 9 (sembilan) isian yang harus saudara lengkapi, yakni:

  • Moto;
  • Target Hidup;
  • Penghargaan;
  • Hobi;
  • Kegiatan Waktu Luang;
  • Hal Disukai;
  • Sifat Positif;
  • Sifat Negatif;
  • Merokok; (Tidak atau Ya).

Hendaklah saudara mengisi form ini dengan jujur serta didukung dengan tata bahasa yang baik agar mudah dimengerti oleh pihak yang membaca, serta menulis dengan akal yang sehat sehingga tidak menimbulkan mispersepsi atau terjadi kontradiksi antara satu isian dengan isian yang lain.

Misal: Dalam kolom Hobi saudara menulis,

Kegemaran membaca serta menelaah ilmu Agama dan pengetahuan kemutakhiran teknologi dunia telah menjadi bagian dari hidup saya, menjadikan saya sebagai orang yang menyibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat. Sehingga, bi-idznillah, memudahkan saya untuk memperoleh faedah dan berbagi faedah dengan saudara-saudara muslim yang lain.

Namun dalam kolom Kegiatan Waktu Luang saudara menulis,

Adapun waktu luang saya gunakan untuk safar eksplorasi alam liar, mengamati seluk beluk kehidupan makhluk ciptaan Allah ‘Azza Wa Jalla. Bagaimana mereka bertahan hidup dan mencari makan hingga berkembang biak.

Hal ini menjadi rancu sebab Hobi biasanya dikerjakan dalam waktu luang.

Maka yang benar dalam mengisi kolom Kegiatan Waktu Luang agar sesuai dengan kolom Hobi adalah,

Membaca dan Menulis Ilmiah. Sementara hobi lainnya dilakukan sesekali waktu.

Saudara tidak perlu tergesa-gesa dalam mengisi biodata taaruf, ini dapat diekrjakan dalam waktu yang terpisah. Sebab website mawaddahindonesia.com memiliki fitur Simpan Data sehingga saudara dapat menyimpan tahap pengisian biodata pada bagian tertentu, dan kembali melanjutkan mengisi data dalam waktu yang lain. Hal ini sangat membantu apabila saudara memiliki aktifitas yang sifatnya mendadak/ darurat yang tidak dapat ditinggalkan.

Klik tombol Simpan Data apabila telah selesai pada bagian ini. Apabila data telah tersmipan, maka akan tampil notifikasi yang bertuliskan,

Data Berhasil dirubah.

6. Pengalaman (Riwayat Pengalaman Saya)

Form Riwayat Pengalaman Saya

Dalam form Riwayat Pengalaman Saya saudara dapat menuliskan pengalaman dalam pekerjaan, organisasi hingga kepanitaan. Klik tombol biru Add Riwayat Pengalaman di sisi kanan atas. Apabila telah selesai mengisi riwayat pengalaman klik tombol Simpan Data. Sementara itu data yang berhasil tersimpan ditandai dengan munculnya notifikasi yang bertuliskan,

Insert Success

Klik tombol Close. Saudara dapat melanjutkan proses mengisi form Riwayat Pengalaman Saya dengan cara yang serupa sebagaimana telah dijelaskan di atas.

Apabila terdapat kesalahan penulisan atau perubahan data, saudara dapat menggunakan tombol Edit untuk melakukan pengeditan dan klik tombol Delete untuk menghapus baris pengalaman secara keseluruhan.

7. Ibadah

Dalam form Ibadah terdapat 5 (lima) hal yang dapat saudara isi yakni:

  • Sholat 5 waktu;
  • Sholat-sholat Sunnah yang dilaksanakan;
  • Ibadah Sunnah Lainnya;
  • Pengajian yang Diikuti;
  • Bacaan dan Hafalan Al-Qur’an;

Saudara dapat meninggalkan bagian ini apabila khawatir terkena perasaan Riya’ atau merasa berat hati dan semisal. Dapat juga ditulis dalam tanda kurung (Silahkan ukhti tanya melalui menu Dialog Taaruf atau pada saat Nadzhor).

8. Persiapan Pernikahan

Dalam form ini saudara diminta untuk menjelaskan bagaimana saudara telah mempersiapkan pernikahan. Terdapat 5 (lima) isian yakni:

  • Ilmu tentang Pernikahan; Pada isian ini saudara dapat menulis daftar kitab/ buku pendidikan sunnah/ Pendidikan Islam yang mengangkat secara khusus bab Nikah dan Berumah Tangga yang sudah saudara baca hingga tuntas. Dapat juga ditulis bahwa saudara telah mengikuti kajian ilmiah Islam yang membahas mengenai pra-nikah dan berumahtangga.
  • Persiapan fisik dan mental (tidak perlu diisi);
  • Persiapan Finansial (persiapan keuangan);
  • Jangka waktu yang dibutuhkan sebelum menikah;
  • Visi dan misi pernikahan;

Saudara perlu mengisi bagian ini dengan lengkap serta didukung dengan tata bahasa yang mudah dimengerti sehingga tidak menimbulkan banyak pertanyaan diwaktu kemudian dari sisi akhwat.

9. Krietria Fisik (Candidate Criteria)

Dalam form ini terdapat 2 (dua) bagian utama yang perlu saudara lengkapi dengan menyeluruh, sebab bagian ini berpengaruh kepada hasil cari sistem terhadap calon pasangan taaruf.

Dua bagian dimaksud yakni:

  • Kriteria Fisik; dalam baris Olahraga Digemari dapat ditulis (tidak membatasi), kemudian dalam baris Riwayat Penyakit dapat dipilih Tidak, Ciri Khas / Tanda Lahir pilih Tidak Ada. Apabila sudah dilengkapi seluruhnya, klik tombol hijau Simpan Data.
  • Kriteria non-Fisik; dalam baris lain-lain dapat dititulis Tidak membatasi kriteria suku atau domisili; namun diutamakan cantik jelita dan-atau manis, tubuh kencang berisi. Akan tetapi penentu akhir adalah Agamanya/ Aqidahnya. Klik tombol Simpan Data apabila sudah selesai melengkapi bagian ini.

10. Harapan

Tulis harapan yang ingin saudara gapai bersama pasangan hidup dalam bagian ini. Klik tombol Add Harapan Kedepan. Pada bagian ini terdapat 10 (sepuluh) baris yang harus diisi, yakni:

  • Sumber dana acara pernikahan;
  • Gambaran acara pernikahan;
  • Domisili;
  • Karier Kedepan;
  • Keturunan dan Pendidikan Anak;
  • Pengelolaan keuangan rumah tangga;
  • Peningkatan Ilmu Agama;
  • Target Jangka Pendek;
  • Target Jangka Panjang;
  • Membolehkan Istri untuk Bekerja; Pada bagian ini dapat ditulis Saya sangat mendukung istri bekerja di rumah sebagaimana kewajiban syar’i-nya yakni mengurusi suami dan anak-anak. Adapun pekerjaan yang sifatnya bertujuan mencari harta dan-atau pengembangan bakat dan kemampuan istri maka pada dasarnya dikerjakan di rumah dan-atau wira usaha, tidak berperan sebagai pekerja atau karyawan di tempat lain. Apabila tidak sejalan dengan kaidah dasar tersebut, saya tidak keberatan apabila ukhti membatalkan taaruf ini. Jazakillah Khairan.

11. Keluarga

Ini adalah bagian terakhir, dalam form Keluarga saudara diminta untuk menjelaskan mengenai keluarga saudara yakni Ayah, Ibu, Kakak dan-atau Adik.

Untuk mengisi form Keluarga klik tombol Add Keluarga pada sisi kanan atas.

Ini adalah bagian akhir dari Langkah 3: Mengisi Biodata Taaruf

2 Comments

Santi

Assalamu’alaikum admin mau nanya,
Bagaimana cara mengisi biodata ibu kandung kalau sdh meninggal?
di kolom usia harus diisi bagaimana? soalnya tdk boleh ada kolom yg tdk terisi

Reply
niiloo

Waalaikumus-salaam wa rahmatullaahi wa barakaatuh. Tulis nama beserta doa (rahimahullah: رحمه الله‎‎).

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *